Tuesday, May 17, 2011

PENGEMIS DAN BIARA​

Seorang pengemis yg hanya memiliki sebuah tangan memohon sedekah kepada kepala biara.

Tanpa sungkan kepala biara itu menunjuk setumpuk batu bata yg terletak di depan pintu seraya berkata, "Tolong kamu bantu saya memindahkan batu bata itu ke halaman belakang."

Pengemis itu dgn marah menjawab, "Saya hanya memiliki satu tangan. Bagaimana dapat memindahkan? Tidak mau memberi ya sudah, tidak perlu mempermainkan orang!"

Mendengar itu, kepala biara memandangnya. Lalu dgn satu tangan mengambil sebuah batu bata dan berkata, "Masalah seperti ini juga bisa dikerjakan dgn menggunakan satu tangan."

Si pengemis akhirnya menggunakan satu tangannya memindahkan batu bata selama dua jam penuh.

Kepala biara itu memberi sedikit uang. Dgn sangat bersyukur pengemis itu berkata, "Terima kasih."

Kepala biara menjawab," Tidak perlu berterima kasih kepadaku, ini adalah uang hasil jerih payahmu sendiri."

Pengemis itu membungkukkan badan dan berkata, "Budi baik anda ini akan saya ingat untuk selamanya". Lalu dia menegakkan badan dan melanjutkan perjalanannya.

Beberapa hari kemudian datang lagi seorang pengemis ke biara itu.

Kepala biara lalu membawa pengemis itu ke halaman belakang, menunjuk setumpuk batu bata itu seraya berkata," Pindahkan batu bata ini ke halaman depan, dan saya akan memberimu uang."

Tapi pengemis yang memiliki dua tangan ini menganggap hina pekerjaan ini, lalu di tinggalnya pergi.

Para murid dengan tidak mengerti bertanya kepada kepala biara, "Kemarin dulu anda menyuruh pengemis memindahkan batu bata dari halaman depan ke halaman belakang. Kali ini anda juga menyuruh pengemis lain untuk memindahkan dari halaman belakang ke halaman depan, sebenarnya batu bata ini ingin anda letakkan di halaman depan atau halaman belakang biara? "

​Kepala biara berkata kepada pengikutnya, "Bata Bata itu diletakkan di depan atau di belakang adalah sama saja, tetapi mau memindahkan atau tidak bagi pengemis itu tidaklah sama."


Indahnya Berbagi . . .
Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments:

Post a Comment